• ***   Selamat Datang di situs resmi  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)  Kabupaten Mappi Provinsi Papua   ***  

Berita Regional Papua

15-08-2018

PEMERINTAHAN

DPR Papua Umumkan Gubernur Terpilih Lewat Rapat Paripurna

 

Setelah KPU Provinsi Papua menetapkan pasangan calon Gubernur Papua, Lukas Enembe - Klemen Tinal sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih periode 2018 - 2023, DPR Papua pun langsung menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPR Papua dalam rangka pengumuman hasil penetapan KPU Papua tentang Penetapan Paslon Gubernur dan wakil Gubernur Papua terpilih dalam Pilgub 2018, malam.

 

Rapat paripurna istimewa ini dipimpin langsung Ketua DPR Papua, DR Yunus Wonda didampingi Wakil Ketua II DPR Papua, Fernando Yansen Tinal dan dihadiri Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dan Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen. Serta pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih, Lukas Enembe - Klemen Tinal.


Ketua DPR Papua, DR Yunus Wonda disela-sela sambutannya memberi ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh rakyat Papua yang telah berpartisipasi menggunakan hak suaranya dan mengedapankan kebersamaan dalam perbedaan dalam pelaksanaan dan pasca Pilgub Papua sehingga dapat berjalan lancar, aman dan tertib serta kondusif.


“Pilgub ini berjalan baik karena adanya kinerja profesional dari seluruh unsur elemen pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2018 di Papua, “kata Yunus Wonda dalam sambutannya.


Selain itu lanjutnya, DPR Papua juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan baik Polri dan TNI dalam pengamanan Pilkada di Papua, sehingga berjalan dengan aman, nyaman, baik Pilgub maupun 7 pilkada kabupaten.


Dikatakan, pengesahan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dilakukan berdasarkan penetapan paslon terpilih oleh KPU Papua yang disampaikan ke DPR provinsi kepada presiden melalui Mendagri.


"Sesuai pasal 160 a UU Nomor 10 tahun 2016 yang berbunyi dalam hal DPRD Provinsi tidak menyampaikan usulan pengesahan dan pengangkatan paslon gubernur terpilih kepada presiden melalui Mendagri dengan jangka lima hari kerja sejak KPU provinsi menyampaikan penetapan paslon gubernur terpilih kepada DPR provinsi,“ ujar Yunus Wonda.


Untuk itu, lanjutnya, DPR Papua mengumumkan dalam rapat paripurna istimewa ini sesuai hasil penetapan KPU Papua tentang penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur terpilih kepada seluruh rakyat Papua dalam lima wilayah adat.


"Bahwa paslon gubernur dan wakil gubernur terpilih adalah saudara Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM periode 2018 - 2023,“ tandasnya.


Dengan terpilihnya paslon gubernur ini kata Yunus Wonda, ini merupakan kemenangan bagi seluruh masyarakat Papua, sehingga ia mengajak melupakan perbedaan dalam pilgub yang lalu, selanjutnya bersatu membangun Papua.


"Dalam proses demokrasi yang dilalui, banyak perbedaan yang dilalui, namun semua jadi kekuatan dalam alam demokrasi untuk memajukan provinsi yang kita cintai,“ ucapnya.


Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pilkada sudah dilaksanakan dengan aman, lancar dan sukses, baik pemilihan gubernur dan 7 bupati di Papua.


Bahkan, kata Soedarmo, dalam pelaksanaan pilkada serentak di Papua, dan dalam tahap proses awal sudah memperoleh berbagai informasi terkait pilkada, dari hasil berbagai survey yang dilakukan oleh Jakarta, bahwa Provinsi Papua dan empat kabupaten yang ada di Papua, masuk dalam kategori rawan.


"Namun, atas kerjasama bersama baik pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten, dengan seluruh aparat keamanan, Polda Papua maupun Kodam XVII/Cenderawasih bersama seluruh tokoh masyarakat, adat, agama, pemuda dan lainnya, termasuk DPR Papua dan MRP, sehingga pilkada di Papua bisa dirubah dari rawan menjadi aman. Ini kerjasama luar biasa dari seluruh stakeholder,“ tandasnya.


Untuk itu, ia mengapresiasi kepada seluruh komponen masyarakat, seluruh mitra baik forkompinda, DPRP dan MRP keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan pilkada di Papua yang menjadi perhatian di Indonesia, bahkan internasional ternyata menjaga dan melaksanakan pilkada dengan sukses.


Apalagi kata Soedarmo, hal ini akan berdampak sangat positif, bukan hanya berdampak pada keamanan, tapi juga akan berdampak positif bagi perkembangan perekonomian Papua.


Menurutnya, suksesnya pelaksanaan Pilkada di Papua ini, juga terlihat dari prosentase pemilih yang ada di Papua.


“Kalau targetnya KPU itu hanya 77 persen. Ini sudah cukup bagus, di provinsi lain diharapkan secara nasional prosentase pemilih 77 persen, tapi untuk Papua sudah melebihi dari prosentase pemilih nasional, karena mencapai 84 persen lebih. Ini cukup membanggakan dalam pilkada serentak 2018,“ tukasnya.


Pada kesempatan itu, Soedarmo juga menyampaikan selamat kepada paslon gubernur terpilih, Lukas Enembe - Klemen Tinal dalam pilgub Papua tahun 2018.


“Jadi, sah untuk paslon yang akan dilantik. Mudah-mudahan tidak ada perubahan yakni pada 17 September 2018 sesuai perencanaan KPU di Istana Merdeka paslon LUKMEN akan dilantik," tutup Soedarmo.

(Sumber: Tiara; pasificpos.com; Rabu, 15 Agustus 2018; 02:35)

 

Download...

Kalender

Telepon Penting

Kepolisian Resort Mappi : ---
Rumah Sakit Umum Daerah Kab Mappi : ---

Jejaring Sosial