• ***   Selamat Datang di situs resmi  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)  Kabupaten Mappi Provinsi Papua   ***  

Aktual Bappeda

24-02-2018

PERENCANAAN PEMBANGUNAN

PELATIHAN SIM-PPD KABUPATEN MAPPI

 

Kegiatan Pelatihan SIM-PPD (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Mappi yang sempat tertunda beberapa hari, dapat dilaksanakan pada tanggal 19-21 Februari 2018 bertempat di Gedung Qhaindauri Kepi. Pembukaan secara resmi dilakukan oleh Asisten I Pemkab Mappi mewakili Bupati Mappi yang pada waktu yang sama sedang berada di Jayapura. Acara pembukaan dihadiri oleh unsur Pimpinan OPD se-Kabupaten Mappi, perwakilan instansi terkait, dan unsur lembaga kemasyarakatan lainnya yang ada di Kabupaten Mappi.

 

Dalam arahan pimpinan yang dibacakan dalam pembukaan, disampaikan kembali bahwa “sesuai amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, setiap Pemerintah Daerah berkewajiban untuk menyusun Perencanaan Pembangunan di Daerah yang dituangkan dalam bentuk dokumen RPJPD, RPJMD, Renstra dan Renja SKPD, serta RKPD. Seiring perkembangan proses kebijakan pembangunan, selanjutnya dalam Undang Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah juga diatur ketentuan bahwa proses Perencanaan Pembangunan harus mulai dilaksanakan dengan berbasis elektronik”.

 

Dalam konteks Kabupaten Mappi, “upaya penerapan perencanaan berbasis digital tersebut diharapkan akan dapat mendukung proses pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan perencanaan tanpa harus terhambat oleh faktor geografis antara kampung ke distrik sampai dengan ke ibukota kabupaten, maupun jarak yang jauh dari Kabupaten Mappi ke Provinsi (Kota Jayapura) atau pun ke Pusat (Ibu Kota di Jakarta)”.

 

SIM-PPD merupakan langkah awal yang secara bertahap dan sistematis akan mewadahi beberapa mekanisme digital dalam rangka penyelenggaraan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan/pengendalian, evaluasi maupun penyajian informasi pembangunan di Kabupaten Mappi. Oleh karena itu, Pemkab Mappi membangun SIM-PPD sebagai sarana untuk mendukung terwujudnya harapan tersebut, dimana untuk sementara waktu ini akan menjadi wadah untuk terlaksananya dua menu utama proses perencanaan, yaitu “e-Planning” dan “e-Budgeting”.

 

Materi pokok pelatihan yang dilaksanakan saat ini adalah e-Planning yang diharapkan mampu menjadi media efektif dalam menyampaikan aspirasi dari tingkat masyarakat di Kampung dan Distrik sampai ke tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi, bahkan sampai dengan ke tingkat Pusat. Sementara itu, materi tentang e-Budgeting yang disampaikan merupakan upaya sosialisasi awal kepada para peserta.

 

Selanjutnya disampaikan pula arahan bahwa “pada dasarnya SIM-PPD dimaksudkan untuk mendukung terlaksananya Kebijakan Pembangunan Kabupaten Mappi secara lebih baik, sistematis dan terencana, sehingga mampu memberikan hasil dan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat di Kabupaten Mappi. Oleh karena itu, diharapkan bahwa seluruh peserta Pelatihan e-Planning dapat mengikuti dengan kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga proses Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Mappi akan dapat terlaksana secara sistematis dan tepat waktu.

 

Pelatihan SIM-PPD dilaksanakan dalam dalam rangka persiapan launching e-planning yang sedianya akan dilakukan oleh Bupati Mappi secara simbolik dengan menyerahkan chip password kepada masing-masing Pimpinan OPD. Dengan demikian, selanjutnya proses perencanaan pembangunan ke depan  akan mulai dilaksanakan secara digital. Sejalan dengan rencana tersebut, terlihat bahwa antusiasme para peserta pelatihan relatif cukup baik, yang diindikasikan dari jumlah peserta yang mencapai 203 orang pada hari pertama pelatihan, termasuk unsur pimpinan / perwakilan pimpinan OPD. Kemudian pada hari selanjutnya, sejumlah 172 orang pada hari kedua dan 143 orang pada hari ketiga, hal mana terhitung lebih dari jumlah peserta yang direncanakan (118 orang) berdasarkan perkiraan jumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Mappi.

 

Peserta dari tingkat Distrik dapat dikatakan menunjukkan antusiasme sangat baik, dimana pada tahap coaching clinic yang dilaksanakan hingga hari Sabtu 24 Februari 2018 masih cukup intens melakukan konsultasi dan latihan praktis di Kantor Bappeda Kabupaten Mappi.

 

Sejumlah usulan disampaikan oleh para perwakilan Distrik terutama yang berkaitan dengan adanya harapan bahwa proses kegiatan e-planning di tingkat Distrik pun diharapkan dapat dioperasikan secara online. Namun, mengingat kondisi jaringan data / internet yang belum mampu tersedia di seluruh wilayah Distrik, maka tim trainer memberikan dukugan fasilitas berupa perangkat lunak yang dipasangkan (installing) untuk dapat dioperasikan secara off-line.

 

Langkah tersebut di atas diharapkan sudah menjadi tahapan pembelajaran (learning by doing) bagi unsur aparatur di Distrik-distrik untuk mulai melakukan proses perencanaan berbasis digital. Tahapan penerapan praktis bagi Distrik adalah pada waktu penyelenggaraan Musrenbang Distrik dimana unsur aparatur Distrik akan berperan penting dalam proses fasilitasi setiap Kampung di bawah kelola administratifnya untuk mulai aktif melaksanakan proses penyusunan rencana pembangunan secara digital. Terlebih lagi ketentuan perundang-undangan secara jelas mengatur bahwa Pemerintah Kampung diarahkan mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) juga menggunakan sistim digital. Sementara itu, tidak atau belum terdapat upaya khusus yang dilakukan secara nyata untuk mulai mengantarkan unsur aparatur kampung untuk dapat mulai mengenal atau mempelajari lebih jauh tentang mekanisme pengelolaan perencanaan dan penganggaran secara digital.

 

Pelatihan SIM-PPD telah selesai dilaksanakan, terlepas dari segala bentuk kekurangan yang disebabkan keterbatasan prasarana dan sarana yang ada di Kabupaten Mappi, kegiatan ini setidaknya menjadi wujud langkah nyata sekaligus komitmen Pemerintah Kabupaten Mappi dalam mewujudkan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik.

 

Download...

Kalender

Telepon Penting

Kepolisian Resort Mappi : ---
Rumah Sakit Umum Daerah Kab Mappi : ---

Jejaring Sosial