• ***   Selamat Datang di situs resmi  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)  Kabupaten Mappi Provinsi Papua   ***  

Aktual Bappeda

07-02-2018

PERENCANAAN PEMBANGUNAN

PERJALANAN e-PLANNING  DI KABUPATEN MAPPI

 

Menindaklanjuti hasil pelaksanaan pelatihan e-planning tahap awal yang diselenggaraka pada bulan Desember 2017 lalu, Bappeda Kabupaten Mappi merencanakan pelatihan e-Planning tahap lanjutan yang bersifat menyeluruh. Rencananya dalam pelaksanaan pelatihan e-planning lanjutan tersebut akan mengikutsertakan perwakilan dari seluruh organisasi perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mappi.

 

Selanjutnya, sesuai dengan arahan Bupati Mappi bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dalam rangka mengembangkan proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Mappi yang sampai dengan periode pembangunan lima tahunan sebelumnya masih dilakukan secara konvensional.

 

Sebagaimana diketahui bersama bahwa pada periode pembangunan lima tahunan sebelumnya, baru dilakukan perintisan proses perencanaan pembangunan secara digital yang diawali dengan penyusunan data-data dasar (database) secara terintegrasi. Proses pengumpulan, pemilahan / pengelompokkan, dan penyimpanan data yang dilakukan bertahap secara manual oleh masing-masing OPD disampaikan ke Bappeda selaku lembaga penanggung jawab proses perencanaan pembangunan daerah. Proses input data secara digital baru dilakukan di Bappeda yang dikoordinasikan oleh masing-masing bidang di lingkungan Bappeda. Proses sedemikian telah mulai dilaksanakan sejak TA 2012 yang dalam perkembangannya mulai dilakukan secara ter-sistem (menggunakan aplikasi sistim informasi digital) pada TA 2014, yaitu dengan menggunakan aplikasi SIM-PPD (Sistim Informasi Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah).

 

Penggunaan aplikasi SIM-PPD generasi pertama di Kabupaten Mappi baru efektif dapat dimanfaatkan pada proses perencanaan pembangunan TA 2015. Meskipun sebagian besar proses input data masih dilakukan secara parsial pada masing-masing OPD, dan proses terintegrasi baru dilakukan pada tahap Musrenbang RKPD. Kondisi tersebut mengingat bahwa proses input data secara terintegrasi dalam sistem digital belum dapat dimulai dari lingkup OPD, yang pada dasarnya terkendala oleh keterbatasan jaringan akses internet di Kabupaten Mappi yang belum berfungsi dengan baik. 

 

Mencermati perkembangan kondisi tersebut, pada TA 2016 proses input data secara digital mulai dilakukan sejak tahap proses Musrenbang Distrik, meskipun prosesnya sevara teknis belum dapat diintegrasikan dalam satu jaringan sistem. Namun demikian secara teknis sudah menunjukkan adanya perkembangan yang jauh lebih baik, dimana proses input digital telah dapat dilakukan secara terpadu pada waktu selesai pelaksanaan Musrenbang Distrik. Selanjutnya pada tahapan forum OPD di tingkat Kabupaten, data-data hasil Musrenbang Distrik telah dapat terdistribusi kepada masing-masing OPD untuk dapat diakomodir dalam proses perencanaan pembangunan sektoral.

 

Sejalan dengan kemajuan proses digitalisasi kegiatan perencanaan pembangunan, TA 2016 merupakan titik awal kemajuan proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Mappi. Indikatornya adalah bahwa proses Musrenbang RKPD di tahun 2016 (Penyusunan RKPD TA 2017) telah dilakukan secara terintegrasi dengan menggunakan aplikasi SIM-PPD (ver.01.1). Meskipun masih dihadapkan pada persoalan keterbatasan mutu jaringan internet, namun secara teknis dan substansi prosesnya telah berfungsi cukup baik.

 

Penyempurnaan perangkat lunak aplikasi SIM-PPD selanjutnya direncanakan untuk dapat digunakan secara off-line maupun on-line agar dapat mulai digunakan sejak tahap perencanaan d tingkat Musrenbang Kampung atau Musrenbang Distrik tanpa harus melakukan proses input ulang di tingkat Kabupaten. Pada akhir tahun 2016, bersamaan waktunya dengan proses penyempurnaan aplikasi e-Planning (SIM-PPD) yang sedang dibangun, Pemerintah mencanangkan diterapkannya perubahan Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah (UU Nomor 23 Tahun 2014) yang diikuti dengan perubahan terhadap struktur organisasi dan tata kerja di lingkungan pemerintahan di daerah (PP Nomor 18 Tahun 2016). Kondisi tersebut mengharuskan dilakukannya perubahan besar terhadap substansi maupun teknis dari aplikasi SIM-PPD. Perubahan yang menyangkut teknologi perangkat lunak yang dibangun maupun struktur data dan menu-menu yang diterapkan dalam proses penggunaannya. Kondisi sedemikian menyebabkan ditundanya pelaksanaan proses internalisasi penerapan aplikasi SIM-PPD sebagai induk dari mekanisme perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah secara digital (e-Planning dan e-Budgeting) di Kabupaten Mappi.

 

Dilatarbelakangi oleh perkembangan kondisi sebagaimana tersebut di atas, maka pada tahun 2017 segera dilakukan perubahan mendasar terhadap aplikasi sistem informasi yang telah dibangun. Tahapan-tahapan proses perencanaan semula telah berjalan secara digital dan terintegrasi, sebagian kembali dilakukan secara parsial dan bahkan konvesional. Kondisi sedemikian juga terjadi di tingkat Provinsi, sehingga seiring dengan berjalannya proses konsultasi perubahan rencana pembangunan TA 2017 juga dilakukan proses penyusunan rencana pembangunan TA 2018 yang merujuk pada kerangka regulasi tatanan pemerintahan daerah yang baru (UU No. 23/2014 dan PP No. 18/2016). 

 

Perubahan aplikasi SIM-PPD yang didasarkan pada sejumlah aturan baku yang baru telah dilakukan, dan hasil sementara yang telah mampu dibangun pada Desember 2017 yang lalu telah disosialisasikan melalui kegiatan pelatihan e-Planning tahap awal di Kabupaten Mappi. Sejumlah kekurangan yang masih menjadi kendala dalam operasionalisasi aplikasi SIM-PPD telah menjadi masukan berguna dalam upaya penyempurnaan kemampuan sistem aplikasi untuk dapat memenuhi kebutuhan proses perencanaan. Dengan demikian diharapkan bahwa pada tahun 2018 ini aplikasi tersebut akan dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses penyusunan rencana dan anggaran pembangunan di Kabupaten Mappi.

 

Sejalan dengan kemajuan prosesnya, hasil penyempurnaan aplikasi SIM-PPD (ver.01.2) telah diselesaikan dan untuk sementara telah dilakukan ujicoba dalam mengakomodir susunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah TA 2018, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara TA 2018. Selanjutnya, Bappeda Kabupaten Mappi merencanakan untuk melakukan tahap sosialisasi dan internalisasi kepada seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mappi sebagai upaya untuk mewujudkan proses perencanaan pembangunan secara digital dan terintegrasi.

 

Terlepas dari segala bentuk kekurangan maupun hambatan akibat keterbatasan prasarana dan sarana yang ada di Kabupaten Mappi, proses Pelatihan e-Planning yang akan diselenggarakan diharapkan mampu menjadi langkah nyata sekaligus komitmen Pemerintah Kabupaten Mappi dalam mewujudkan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik. Sebagai informasi awal bagi segenap unsur OPD di Kabupaten Mappi, bahwa kegiatan Pelatihan e-Planning tahap lanjutan (menyeluruh) akan diselenggarakan tanggal 14-17 Februari 2018 . Informasi lebih lanjut berikut kriteria peserta yang diwajibkan untuk hadir dalam kegiatan tersebut akan disampaikan secara formal melalui surat edaran serta undangan kepesertaan dalam kegiatan dimaksud.

Download...

Kalender

Telepon Penting

Kepolisian Resort Mappi : ---
Rumah Sakit Umum Daerah Kab Mappi : ---

Jejaring Sosial